Lembah Harau

Menikmati wisata di Sumatera Barat tak akan pernah terlepas dari keindahan alamnya. Salah satu spot terbaik untuk berpetualang adalah Lembah Harau. Lembah Harau menawarkan keindahan tebing – tebing yang tinggi dengan hamparan sawah, pepohonan, air terjun serta beberapa satwa endemik yang menghuni kawasan tersebut seperti monyet ekor panjang / Macaca Fascirulatis. Pemerintah telah menetapkan Lembah Harau sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993.

Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Dengan menjulang tingginya tebing-tebing granit tentunya akan membuat decak kagum bagi yang berkunjung. Terdapatnya beberapa air terjun di Lembah Harau yaitu Sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai, dan Sarasah Aie Angek. Selain itu aliran sungai dan telaga turut mempercantik kawasan ini. Pengunjung pun dapat menaiki perahu dan menyusuri sungai yang ada diantara tebing-tebing granit yang berdiri.

Untuk menikmati keindahan Lembah Harau dari tinggian juga ada spot tangga bagi para pengunjung. Hanya dengan menaiki anak tangga pengunjung pun akan merasakan sensasi menikmati pemandanga dengan hamparan tebing dan persawahan dari puncak salah satu bukit. Menurut para ahli geologi, kawasan Lembah Harau dulunya adalah sebuah lautan. Hal ini diperkuat dengan survey penelitian oleh ahli geologi dari Jerman Barat pada tahun 1980 dengan temuan batuan Breksi dan Konglomerat pada tebingnya. Batuan tersebut merupakan jenis batuan yang terdapat pada dasar laut.

Lembah Harau menghadirkan nuansa petualangan yang sangat menakjubkan di Ranah Minang, dengan hamparan alam yang sangat indah tentunya akan mewarnai keseruan dalam berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WhatsApp Us